Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 10 Oktober 2022 | 19:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Data pribadi dari setidaknya 1 juta pengguna Facebook bisa saja dicuri oleh aplikasi tertentu di Apple dan Android, pemilik platform, Meta, telah memperingatkan.

Dilansir dari Russia Today, sekitar 400 aplikasi berbahaya, yang didistribusikan melalui Google Play dan App Store, telah mencuri informasi login orang, kata tim keamanan perusahaan pada hari Jumat.

Mereka menyamar sebagai alat yang tidak berbahaya seperti editor foto, game, layanan VPN, dan hal-hal lain untuk memikat pengguna agar mengunduhnya.

Aplikasi kemudian meminta orang-orang untuk 'masuk dengan Facebook' dan meneruskan nama pengguna dan kata sandi mereka kepada para pelaku segera setelah mereka dimasukkan.

Data ini berpotensi digunakan oleh penyerang untuk mendapatkan akses penuh ke akun orang dan mengirim pesan ke daftar teman mereka atau mendapatkan informasi pribadi.

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Meta mengatakan tidak mengetahui jumlah pasti pengguna yang terkena dampak, karena informasi ini diketahui oleh Apple dan Google.

Perusahaan ini "sengaja terlalu banyak bereaksi berlebihan dan memberi tahu sekitar 1 juta pengguna di seluruh platform kami bahwa mereka mungkin telah terpapar aplikasi seperti ini," kata direktur gangguan ancaman Meta, David Agranovich.

"Itu tidak berarti bahwa mereka dikompromikan, hanya saja kami berpikir bahwa mereka mungkin telah terpapar pada salah satu aplikasi ini," tambahnya.

Google dan Apple mengatakan mereka telah menghapus aplikasi yang disebutkan dalam laporan Meta.

Aplikasi yang dijual melalui toko online mereka diperiksa dengan cermat, tetapi beberapa perangkat lunak berbahaya masih berhasil melewatinya. Meta telah menyarankan pengguna untuk berhati-hati dan hati-hati memeriksa apa yang mereka unduh.

"Jika aplikasi senter mengharuskan Anda untuk masuk dengan Facebook sebelum memberi Anda fungsionalitas senter apa pun, itu mungkin sesuatu yang patut dicurigai," kata Agranovich.

 

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.

BACA SELANJUTNYA

GrabCar Hadirkan Fitur Mode Hening, Perjalanan Lebih Tenang dan Minim Interaksi