Sabtu, 28 Januari 2023
Agung Pratnyawan : Selasa, 25 Oktober 2022 | 17:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia telah meluncurkan HP baru mereka, yakni Redmi A1. Menariknya, Redmi A1 ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 40.3%,

Di balik pencapaian bersejarah dari sisi manufaktur dan teknologi, ada hal lain yang juga tak kalah menariknya dari produk yang akan meluncur pada Jumat, 28 Oktober 2022 itu.

Desain boks Redmi A1 tergolong spesial. Berbeda dengan berbagai produk smartphone yang telah diluncurkan Xiaomi Indonesia sebelumnya, boks Redmi A1 memiliki desain khas Indonesia, karya seorang fans Xiaomi yang bernama Sigit Setyo Nugroho.

Berawal dari undangan di forum Xiaomi Community, pria asal Yogyakarta yang akrab disapa Sigit itu tergerak untuk mengajukan desainnya karena melihat tema yang diminta oleh Xiaomi Indonesia.

"Lumayan putar otak sebenarnya tema apa yang cocok, karena inspirasi kreatif gak bisa ditebak kapan datangnya. Apalagi ketika para Xiaomi fans lain sudah mulai mengajukan submission karya desain mereka di forum, tambah pressure jadinya," kenang Sigit ketika bercerita tentang inspirasi awal desain boks Redmi A1.

Sigit Setyo Nugroho desainer boks Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)

Ketika Sigit Setyo Nugroho diberitahu bahwa smartphone yang nantinya diluncurkan merupakan bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk percepatan 4G di Indonesia, baru lah Sigit mulai mendapatkan inspirasi untuk menciptakan karya desain yang "Indonesia banget".

"Sengaja ambil latar di luar Jawa. Ada elemen gambar rumah adat Toraja karena dulu sering melihat acara ekspedisi nusantara di televisi. Budayanya unik dan desanya begitu cantik," kata Sigit mengomentari soal empat rumah adat yang menjadi latar belakang utama desain boks Redmi A1.

Sigit Setyo Nugroho menambahkan bahwa dia ingin mengangkat sisi Indonesia yang asri, ditambah dengan simbolisasi tentang pemerataan jaringan yang tidak hanya berpusat kepada sentra bisnis, tetapi daerah terpencil yang ada di seluruh nusantara.

"Kalau internet bisa kencang, harusnya tempat seperti Toraja dan wilayah eksotik lainnya di Indonesia bisa lebih terlihat di mata dunia," tegas Sigit.

Dengan mengusung kamera ganda AI 8MP, baterai besar 5.000 mAh, layar lebar 6,52", dan fitur ekspansi RAM yang mencapai 5GB pada varian tertingginya.

Xiaomi Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)

HP baru Redmi A1 memiliki desain yang menarik dengan tekstur kulit yang membuat tampilan fisiknya lebih premium dan tampak elegan untuk smartphone di kelasnya.

HP baru Redmi A1 juga akan menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang ingin melakukan upgrade dari feature phone ke smartphone ataupun bagi mereka yang hendak memiliki smartphone untuk pertama kalinya.

Untuk memperkuat elemen Indonesia dari smartphone pertama yang melampaui TKDN 40% tersebut, Redmi A1 akan memiliki tema khas dan wallpaper khusus Indonesia.

Lewat berbagai kelebihan yang dimiliki, Redmi A1 merupakan hape smart, pilihan tepat bagi masyarakat Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Daftar Harga HP Xiaomi Januari 2023 Terbaru, Makin Murah Meriah?