Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 15 Oktober 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Netizen penggemar teknologi militer digegerkan dengan sebuah pesawat militer China yang mengusung bentuk anti mainstream. Tak menampakkan bentuk buas seperti pesawat militer lainnya, prototipe pesawat ini justru mirip kendaraan alien, UFO.

Bukan hoaks, "UFO" tersebut memang sengaja dipamerkan pada sebuah acara yang bernama The 5th China Helicopter Exposition di Tianjin, China.

Pameran yang diselenggarakan pada 10 Oktober 2019 menampilkan deretan helikopter militer China, termasuk sebuah helikopter serang mirip UFO yang digadang-gadang menjadi kendaraan militer China masa depan.

Situs surat kabar milik pemerintah China, Global Times, melaporkan bahwa petinggi militer China berencana menguji coba prototipe helikopter serang tersebut secepatnya pada tahun 2020.

Dalam pameran, pesawat militer yang mirip UFO itu dinamakan sebagai Super Great White Shark.

Pesawat militer terbaru China justru mirip UFO. (Weibo)

Jika dilihat dari bentuknya, banyak netizen yang menge-troll pada pesawat militer China dan menyamakannya dengan UFO di film jadul.

Apabila dilihat dari atas, pesawat militer China itu secara sekilas mirip dengan alat musik gending dalam gamelan Jawa.

Namun tunggu dulu, meski bentuknya kurang meyakinkan dan banyak mendapatkan troll dari netizen, pesawat militer "UFO" milik China ini dibekali teknologi canggih.

Pesawat militer terbaru China justru UFO membuat netizen heboh. (Weibo)

Kendaraan militer tersebut memiliki panjang 7,6 meter dan lebar 2,85 meter.

Berdasarkan papan informasi di pameran, terdapat sistem rotor koaksial dengan diameter 4,9 meter yang memungkinkan pengangkatan secara vertikal.

Ruangan berbentuk cincin di bagian atas berfungsi sebagai kokpit yang dapat menampung hingga dua pilot.

Troll yang dilakukan oleh netizen melihat pesawat militer China yang mirip UFO. (Twitter/ MrMCallaghan)

Pada dua sisi berlawanan dari ruangan cincin, terdapat dua mesin turbojet yang bisa memberikan dorongan horisontal bertenaga super untuk melakukan pergerakan kecepatan tinggi.

Dikutip dari Futurism, kendaraan militer China berbentuk UFO ini dapat melesat hingga 650 kilometer per jam dan memiliki lesatan pendakian (climb rate) 16,5 meter per detik.

Pesawat militer China berbentuk UFO membuat netizen geger. (Twitter/ alert5)

Super Great White Shark memungkinkan membawa berat hingga 6 ton dan dilengkapi bahan "siluman" dengan lapisan baja khusus.

Itu memungkinkan pesawat militer melakukan misi pengintaian dan penyerangan sekaligus.

Masih belum jelas senjata atau roket jenis apa yang akan terpasang di dalamnya, namun yang jelas, pesawat militer China berbentuk UFO ini bisa menjadi kendaraan militer masa depan apabila sukses diuji coba.

BACA SELANJUTNYA

Penjualan HP Android dan Apple di China Menyusut, Ini Sebabnya