Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 25 Juli 2019 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Semua smartphone dilengkapi dengan accelerometer bawaan. Ini merupakan sensor yang digunakan untuk mendeteksi gerakan di smartphone, di mana sensor tersebut akan mendeteksi bagaimana smartphone akan ditahan untuk menentukan orientasi layar.

Accelerometer ini juga dapat digunakan dalam game, digunakan untuk mendeteksi seberapa cepat pengguna mengemudi, berapa banyak langkah yang diambil dan sebagainya.

Tapi tahukah kamu kalau Accelerometer itu juga dapat digunakan untuk menentukkan ciri kepribadian tertentu.

Dilansir dari Ubergizmo, menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Institut Teknologi Royal Melbourne (RMIT) di mana mereka menemukan bahwa sensor tersebut sebenarnya dapat digunakan untuk memprediksi lima ciri kepribadian utama.

Ilustrasi pengguna smartphone. (unsplash/Rawpixel)

Ini didasarkan pada data seperti seberapa jauh pengguna berjalan, seberapa sering kita mengangkat telepon di malam hari dan sebagainya.

Selain itu, juga ditemukan bahwa orang yang menyenangkan cenderung memiliki pola aktivitas yang lebih acak dan cenderung lebih sibuk pada akhir pekan dan malam hari kerja.

Mereka juga menemukan bahwa wanita yang diklasifikasikan sensitif memeriksa ponsel mereka secara teratur hingga malam hari.

Sementara itu, pria yang juga diklasifikasikan sebagai sensitif melakukan sebaliknya.

Menurut peneliti, mereka percaya bahwa data ini dapat digunakan untuk tujuan media sosial, seperti rekomendasi teman, tanggal pertandingan, atau bahkan iklan yang ditargetkan.

Penelitian ini dianggap menarik, namun penelitian menggunakan accelerometer ini tak sepenuhnya akurat pasalnya sampel yang digunakan tak banyak hanya 52 peserta.

BACA SELANJUTNYA

4 Pilihan TV Samsung untuk Berbagai Tipe Kepribadian, Cek Mana yang Sesuai dengan Kamu