Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 07 Desember 2022 | 19:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika kamu pikir dapat menipu petugas bea cukai agar percaya bahwa kamu hamil padahal tidak, mungkin kamu harus berpikir ulang.

Laporan dari The Register mengungkap usaha penyelundupan barang yang berhasil digagalkan di China.

Seorang wanita mencoba hal tersebut di pos pemeriksaan bea cukai Pelabuhan Gongpei di China (6/12/2022).

Mulanya wanita tersebut tiba di Makau pada 25 November. Ketika seorang petugas bea cukai memperhatikan dan kemudian bertanya tentang postur tubuhnya yang tidak normal, wanita itu mengatakan bahwa dia hamil sekitar lima bulan.

Inspektur pun curiga karena perutnya terlihat terlalu besar dibanding dengan ukuran rata-rata usia kehamilan 5-6 bulan.

Apes, wanita ini pun kepergok karena petugas bea cukai menggunakan mesin inspeksi, petugas kaget karena wanita ini menggunakan prostetik untuk menyembunyikan 202 chip Intel dan sembilan iPhone.

Wanita itu ditahan, menurut pejabat bea cukai.

Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Insiden penyelundupan mulai ramai di CHina pada tahun 2020 ketika gangguan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 membuat chip sulit didapat.

Sementara beberapa kekurangan chip telah mereda di tempat lain, situasi pasokan di China menjadi lebih rumit karena sanksi baru-baru ini oleh AS yang dimaksudkan untuk mengekang akses negara itu ke chip canggih dan peralatan semikonduktor.

Diduga bahwa pelaku penyelundupan terdiri dari ratusan pengecer yang diketahui menjual chip bekas atau kuno sebanyak 500 kali lipat dari biaya aslinya.

BACA SELANJUTNYA

Asus Hadirkan Server dan Motherboard Server Berbasis Intel Xeon E-2400