Sabtu, 04 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Senin, 28 November 2022 | 17:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perbandingan tentang siapa yang lebih kuat antara Roronoa Zoro vs Sabo di anime One Piece terus menjadi bahan perdebatan hangat di kalangan penggemar, bahkan hingga saat ini.

Namun hal tersebut bisa dibilang wajar, sebab baik Roronoa Zoro dan Sabo adalah petarung yang sangat kuat di seri petualangan Bajak Laut kesayangan para Otaku tersebut.

Kedua karakter One Piece ini bahkan cukup kuat untuk melakukan pertarungan yang solid melawan sebagian besar Laksamana dan Yonko.

Misalnya saja Laksamana Fujitora atau mantan Yonko Big Mom kemungkinan akan mengalami kesulitan menang jika harus berhadapan dengan Roronoa Zoro atau Sabo.

Kekuatan Roronoa Zoro

One Piece - Roronoa Zoro dan Kaido. (HiTekno.com)

Sebagai seorang pendekar ahli pedang, Roronoa Zoro mampu melakukan tebasan destruktif dan tebasan mematikan dengan tiga pedangnya yang dilapisi Haki. 

Sementara Sabo akan mengandalkan kekuatan Buah Nyala-Api yang memungkinkan dia untuk membuat dan mengendalikan api. Teknik api ini akan sangat mematikan karena bakal dikolaborasikan bersamaan dengan gaya seni bela dirinya, Tinju Cakar Naga, dan Haki-nya.

Bicara soal Haki, karakter One Piece ini bisa dikatakan memiliki "sesuatu yang lebih" ketimbang Sabo. Sebelum membuka Haki Penakluk Tingkat Lanjut yang sangat kuat, Zoro sudah menjadi petarung yang mengancam di One Piece .

Dia mengalahkan sesama Supernova, Hawkins, Killer, dan Apoo. Pada satu momen, Zoro dan Luffy  bertarung bersama Kid, Killer, dan Law, dalam pertempuran sengit melawan Kaido dan Big Mom.

Zoro mampu memblokir serangan gabungan kedua Yonko. Dia juga melukai Kaido dengan parah sehingga meninggalkan bekas luka di badan karakter kuat tersebut.

Setelah meningkatkan Haki-nya ke level berikutnya, Zoro meningkatkan kemampuannya dan secara brutal mengalahkan Raja nomor dua Kaido. Dia adalah orang terakhir yang selamat dari Lunarian.

Kekuatan Sabo

One Piece - Sabo. (fandom)

Roronoa Zoro kuat, tapi Sabo juga tak kalah kuat. Sabo dengan mudah mengalahkan Wakil Laksamana Bastille dan anggota Bajak Laut Kurohige, Jesus Burgess. 

Karakter One Piece ini juga mampu mengulur Laksamana Fujitora padahal sang laksamana sudah menggunakan kekuatan penuhnya waktu itu.

Selama Reverie, Sabo dan komandan Pasukan Revolusi lainnya menangkis Fujitora dan Ryokugyu dan berhasil menyelamatkan Kuma. 

Namun, pada masalah itu, kedua Laksamana tidak bisa bertarung dengan maksimal karena harus menahan kekuatan mereka agar tidak merusak Mary Geoise.

Jadi siapa yang lebih kuat?

Jika mempertimbangkan semua prestasi dan kemampuannya, Zoro tampaknya lebih kuat dari Sabo. Meskipun keduanya adalah pengguna Armament Haki yang luar biasa, Zoro juga mampu melepaskan Haki Penakluk Tingkat Lanjut yang sangat kuat.

Kaido pernah mengatakan jika kemampuan yang dimiliki Zoro tersebut hanya dapat dilakukan oleh beberapa karakter terkuat di anime ini.

Sebaliknya, Sabo tidak dapat menggunakan kekuatan pengubah permainan itu. Dengan Haki yang berulang kali digambarkan melalui seri One Piece sebagai faktor terbesar dan paling menentukan, fakta bahwa Haki Zoro lebih kuat dari Sabo adalah poin yang sangat menarik.

Hingga hari ini, Zoro telah menunjukkan prestasi ketahanan, kekuatan fisik, dan kecepatan yang lebih besar ketimbang Sabo.

Dia mampu memblokir serangan gabungan dari Kaido dan Big Mom sehingga membuat rekan-rekannya selamat. Tak satupun dari Supernova lainnya, termasuk Luffy, memiliki kecepatan untuk mencegah serangan itu dan kekuatan untuk memblokirnya.

Bahkan setelah dipukul dan terluka parah oleh serangan itu, Roronoa Zoro terus bertarung dengan level tinggi melawan para Yonko. 

Zoro juga pernah memamerkan kecepatannya. Ini membuktikan jika dirinya cukup cepat untuk mengimbangi King, bahkan bereaksi terhadap peningkatan kecepatan tangan kanan Kaido dan berhasil melakukan serangan balik.

Kesimpulan

Meskipun usia mereka masih muda, Roronoa Zoro dan Sabo cukup kuat untuk melawan Yonko dan Laksamana. Mereka juga memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan untuk dikembangkan, artinya mereka bisa menjadi lebih kuat dari saat ini.

Status, prestasi, dan kemampuan mereka membuat Zoro dan Sabo menjadi dua individu perkasa dengan kekuatan yang sebanding. Namun, Zoro tampaknya lebih kuat dari Sabo. Jika keduanya bentrok, pendekar pedang kemungkinan besar akan menjadi pemenang pertarungan.

Roronoa Zoro dapat menanamkan serangannya dengan Haki Penakluk, suatu prestasi yang menempatkannya di antara karakter terkuat di One Piece . Kurangnya kemampuan ini, Haki Sabo lebih rendah dari Zoro, setidaknya untuk saat ini.

Itulah perbandingan kekuatan antara Roronoa Zoro vs Sabo, dua karakter One Piece yang menarik untuk diikuti perkembangannya.

BACA SELANJUTNYA

Spoiler One Piece 1074: Terkuak Rahasia Gorosei dan Pemerintah Dunia