Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 19 Mei 2022 | 20:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto lawas dapat menyuratkan momen unik puluhan tahun lalu. Sebuah foto jadul mengenai laki-laki yang menelusuri sungai bersama perempuan di tahun 1900 ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto hitam putih mengenai laki-laki yang memegang daun pisang di atas kepalanya.

Foto merupakan unggahan ulang arsip yang tersimpan di KITLV Leiden dan Leiden University Libraries. Laman perpustakaan online Leiden University Libraries menyebutkan bahwa foto itu direkam pada salah satu sungai di Ambon.

"Een jongen en een meisje waden door een rivier op Ambon (Seorang laki-laki dan perempuan mengarungi sungai di Ambon)," tulis Leiden University Libraries pada keterangannya.

Deskripsi turut menyebutkan bahwa mereka bukan orang dewasa melainkan berada pada kisaran umur anak-anak hingga remaja.

Foto laki-laki dan perempuan yang melintasi sungai di Ambon pada tahun 1900. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Belum diketahui mengenai hubungan keduanya. Meski begitu, banyak netizen yang menilai laki-laki di dalam foto cukup romantis.

Kita bisa menyaksikan laki-laki ini mengantar seorang perempuan melalui sebuah sungai. Tangan perempuan memegang bahu laki-laki agar tak terjatuh di sungai. Rintik hujan dan daun pisang sebagai payung membuat foto ini terlihat sangat manis.

"De jongen houdt ter beschutting een palmblad boven hun hoofden (Laki-laki itu memegang daun di atas kepala sebagai alat untuk berteduh)," bunyi keterangan lain pada laman perpustakaan online.

Foto laki-laki dan perempuan yang melintasi sungai di Ambon pada tahun 1900. (Leiden University Libraries)

Deskripsi juga menandai dua tempat yaitu Ambon dan Maluku Tengah. Terdapat lebih dari 1.400 foto mengenai Ambon yang tersimpan di KITLV Leiden. Sebagian foto merekam kejadian sehari-hari yang dilakukan warga lokal.

Ada pula rekaman mengenai bangunan buatan Belanda, sekolah, bangsawan Eropa, hingga anak-anak keturunan Indo-Eropa. Foto jadul mengenai laki-laki dan perempuan yang melintasi sebuah sungai di Ambon pada tahun 1900 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Pohon sagu jadi background-nya, keren," puji He**i Sa**ri.

Foto laki-laki dan perempuan yang melintasi sungai di Ambon pada tahun 1900. (Leiden University Libraries)

"Ambon memang manise. So cute," balas Mb** Ke**ng.

"Romantisnya mereka berdua," komentar Ar** Purb**gkoro.

"Kalau zaman sekarang mungkin ini seperti prewedding," tulis A** Vi*. Itulah tadi foto jadul di Ambon pada tahun 1900 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen