Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 24 Juni 2022 | 13:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat menyuratkan betapa tangguhnya orang-orang di era lawas. Sebuah foto mengenai pria di jalan pegunungan tahun 1930-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Abdi Dinata membagikan foto lawas melalui forum Indonesia Tempo Doeloe. Ia mengunggah ulang sebuah arsip di Leiden University Libraries.

"Weg naar Tosari in het Tengger-gebergte. Circa 1935. (Pemandangan jalan Tosari, Pegunungan Tengger. Sekitar tahun 1935)," bunyi keterangan pada situs Leiden University Libraries.

Situs perpustakaan online tersebut menyimpan lebih dari 400 foto jadul yang menampakkan wilayah Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Itu adalah sebuah kecamatan yang berada di Pegunungan Tengger dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Kita dapat melihat seorang pria bertelanjang dada yang berjalan di sekitar lereng pegunungan.

Foto jadul Tosari tahun 1930-an. (KITLV Leiden via Facebook/ Indonesia Tempo Doeloe)

Pria itu nampak memikul sesuatu dan mengenakan aksesori di bagian kepala. Orang tersebut cukup kuat karena mampu berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Banyak foto lawas menampilkan orang yang berjalan tanpa alas kaki. Netizen memuji bahwa pria ini termasuk pejalan kaki yang tangguh jika dilihat dari otot kencangnya.

Jalan pada foto lawas terlihat estetik karena dikelilingi pohon menjulang tinggi. Foto jadul tersebut mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Melihat bentuk kaki yang kokoh dari bapak tersebut, cukup mengindikasikan beliau adalah sosok pejalan kaki yang tangguh," kata Aj** Ij**.

Foto jadul Tosari tahun 1930-an. (KITLV Leiden via Facebook/ Indonesia Tempo Doeloe)

"Rasanya ingin kembali ke zaman dulu dan berjalan menelusuri jalan indah ini," balas Wa**u Purw**i.

"Bapak ini sangat susah payah ketika mau menjual hasil Bumi ke kota. Tapi keindahan dan keaslian alam di sekitarnya bisa menghibur hati," pendapat Ga** Wa**.

"Sejuk, tenang dan damai," ungkap Sart**a D*wi.

"Teringat kotak korek api dulu gambarnya gini," kenang Ek* Sen**w. Itulah tadi foto jadul seorang pria di jalan pegunungan tahun 1930-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen