Kamis, 09 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Sabtu, 03 Desember 2022 | 12:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hiruzen Sarutobi menjadi tokoh yang dihormati warga Konoha sebagai Hokage dan shinobi hebat. Namun tahukah kamu kalau sebagai hokage, ia pernah membuat warganya sengsara. Simak apa dosa besar Hiruzen Sarutobi di Naruto?

Meski dihormati, namun Hiruzen Sarutobi menjadi satu-satunya mantan Hokage dari Konoha yang memiliki banyak hater.

Hokage ketiga ini selalu menjadi kambing hitam yang sering dianggap oleh komunitas Naruto sebagai lelucon. Karakter Naruto ini juga sering disalahkan pada kejadian-kejadian mengerikan.

Tak berhenti sampai di situ, penggemar Naruto bahkan sering menganggap Hiruzen Sarutobi sebagai Hokage terburuk yang pernah memegang jabatan dalam sejarah Konoha.

Beberapa kesalahan yang disebabkan oleh keputusannya selama masa jabatannya benar-benar tidak banyak membantu kemajuan Desa secara signifikan.

Sepanjang seri Naruto, Hokage Ketiga tersebut kerap mendapat kritikan terkait berbagai macam keputusan yang diambil.

Berikut ini tim HiTekno.com rangkum dua tindakan Hiruzen Sarutobi sebagai hokage yang membuat warga Konoha sengsara.

Lunak Kepada Orochimaru

Hokage Ke-3 vs Orochimaru. (Fandom)

Hiruzen Sarutobi sangat lunak kepada Orochimaru, padahal dia adalah antagonis utama dalam awal seri ini. Karakter Naruto ini sempat membuarkan Orochimaru kabur dari tanggungjawab.

Serangan dalam ujian Chunin, dan kemudian membuat Sasuke Uchiha membelot dari Konoha adalah tindakan awal Orochimaru.

Hal ini bisa dicegah jika Hiruzen Sarutobi tidak membiarkan Orochimaru melarikan diri saat upaya penangkapan di masa lalu.

Hokage ketiga membuarkan Orochimaru melarikan meski mengetahui mengetahui muridnya itu berada di balik penculikan massal di Konoha.

Orochimaru kerap menculik anak-anak warga Konoha untuk dijadikan objek eksperimen.

Namun setelah ketahuan, Hiruzen Sarutobi malah membiarkan muridnya itu melarikan diri karena tekadnya yang lemah.

Membiarkan Danzo Shimura melakukan semaunya

Naruto - Hiruzen Sarutobi dan Danzo Shimura. (fandom)

Danzo Shimura juga menjadi antagonis dalam seri Naruto. Dia adalah orang yang menghasut Itachi Uchiha untuk membantai klan Uchiha.

Danzo Shimura beralasan kalau tindakannya memerintahkan pembantaian klan Uchiha demi keselamatan dan keamanan Desa Konoha.

Akan tetapi ini lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Pembantaian klan Uchiha ini berdampak pada masa depan sisa klan tersebut membelot melawan Konoha.

Tindakan ekstrem ini ternyata juga dalam upaya Danzo Shimura memperkuat dirinya dan menjadi lebih jahat dalam daripada gabungan Orochimaru dan Akatsuki.

Meskipun Hiruzen Sarutobi menyadari bahwa cara Danzo Shimura tidak benar, dia melakukan apa pun untuk menghentikannya, dan membiarkan tindakan ekstrem itu dilakukan.

Itulah dua tindakan Hiruzen Sarutobi yang berujung membuat warga konoha lebih sengsara. 

BACA SELANJUTNYA

Naruto: Apakah Dosa-Dosa Orochimaru Diampuni? Ini Faktanya