Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 23 Desember 2021 | 10:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa Mbah Minto? Pertanyaan itu mungkin terlontar setelah banyak netizen yang mengucap duka cita atas kepergiannya. Tak hanya netizen, influencer hingga tokoh ternama ikut berbelasungkawa setelah mengetahui bahwa Mbah Minto meninggal dunia.

Mbah Minto merupakan pemeran ikonis pada channel YouTube Ucup Klaten. Perlu diketahui, Mbah Minto sering memerankan video parodi yang membahas masalah keseharian hingga memberikan celetukan kocak.

Meski usianya sudah sangat sepuh melebihi 80 tahun, namun Mbah Minto cukup energik ketika berakting. Mbah Minto terkenal setelah video parodi singkat "Gagal Mudik" beredar luas di media sosial.

Ia berperan sebagai simbok dari channel YouTube Ucup Klaten. Salah satu celetukan kocaknya adalah ia meminta sang anak cukup di rumah saja dan tak usah mudik.

Pada pandemi 2020 lalu, Mbah Minto berakting serta menyeletuk bahwa putranya tak perlu pulang, namun uangnya saja yang ditransfer. Video parodi tersebut berhasil viral di mana nasihat kocak dari Mbah Minto cukup "mengena" bagi netizen.

Siapa Mbah Minto? Pemeran YouTube ini meninggal pada Rabu, 22 Desember 2021. (Instagram/ ucup_jbsklaten)

Ia sering melempar candaan dalam bahasa Jawa namun masih relevan di kalangan anak muda. Kabar duka Mbah Minto meninggal disampaikan oleh akun Instagram resmi dari Ucup Klaten (@ucup_jbsklaten).

"Sugeng tindak mbok. Terima kasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulis @ucup_jbsklaten sembari mengunggah foto almarhumah Mbah Minto.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut berduka dan mendoakan Mbah Minto agar husnul khotimah. "Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. husnul khotimah nggih mbah. (Ya Allah, Innalillahi wa Innalillahi raji'un, selamat berpulang kembali ke rumah Allah, saya sangat yakin Anda orang baik. Semoga husnul khotimah ya mbah)," kata Ganjar Pranowo melalui akun Twitter resminya.

Melalui berita lelayu yang beredar, Mbah Minto meninggal dunia pada Rabu (22/12/2021) pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Islam Klaten.

Ganjar Pranowo ikut berduka atas meninggalnya Mbah Minto. (Twitter/ @ganjarpranowo)

Nenek yang bernama asli Minto Suwito Siyam tersebut meninggal di umur 85 tahun. Ia akan dimakamkan pada hari ini (Kamis, 23 Desember 2021) pukul 14.00 WIB di Sasonoloyo Wonosegaran Bugel, Kecamatan Bayat, Klaten.

Melalui channel YouTube Ucup Klaten, Mbah Minto terkenal dengan beberapa adegan parodi yang singkat namun kocak. Ia bahkan sempat menjadi bintang iklan salah satu obat herbal dan pernah turut serta untuk mensosialisasi vaksin melalui channel YouTube Kemkominfo TV.

Untuk mengetahui siapa Mbah Minto lebih dalam, berikut beberapa video parodi yang diperankan oleh Mbah Minto:

1. Video "Nggak Usah Mudik, Uangnya Saja yang Pulang" 

2. Video "Jangan Mau Kalah Sama Mbahku Ya Guys" 

3. Mbah Minto Mudik 2021

4. Teh Kesukaan Simbok Minto

5. Karya Terakhir Mbah Minto 

Itulah tadi penjelasan mengenai siapa Mbah Minto dan beberapa video yang pernah dibintanginya, terima kasih telah menghibur kami Mbah Minto! Sugeng Kondur, semoga amal ibadah Mbah Minto diterima di sisi Tuhan YME.

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini