Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 08 September 2022 | 19:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Taksi Yandex Rusia, aplikasi taksi online semacam Go-Car dan Grab Car di Rusia sebabkan kemacetan lalu lintas besar-besaran di Moskow.

Dilansir dari Carscoops, 'hacktivist' Anonymous secara besar-besaran bertanggung jawab atas serangan itu.

Rupanya peretas berhasil melewati mekanisme keamanan Yandex, membuat beberapa pesanan palsu untuk taksi dan mengirim semua mobil yang tersedia ke lokasi yang sama, distrik Fili, yang berada di luar pusat Moskow dan berjalan menuju Kutuzovsky Prospekt.

Seorang perwakilan Yandex mengkonfirmasi serangan siber tersebut, dengan mengatakan:"Pada pagi hari tanggal 1 September, Yandex Taxi menghadapi upaya oleh penyerang untuk mengganggu layanan - beberapa lusin pengemudi menerima pesanan massal ke distrik Fili di Moskow."

Ilustrasi taksi. (Pixabay/ Pexels)

Juru bicara itu mengklaim bahwa masalah ini telah diselesaikan dalam waktu sekitar satu jam.

Anonymous, yang mengatakan mereka bertindak dengan bantuan Tentara TI Ukraina, mengklaim kemacetan lalu lintas berlangsung lebih seperti tiga jam.

Tidak jelas mengapa distrik Fili menjadi sasaran, tetapi kemacetan itu terjadi di sepanjang jalan raya yang sibuk, yang kemungkinan membuatnya tidak nyaman bagi banyak orang.

Meskipun peretasan tampaknya 'kurang' berbahaya, ini bisa menjadi indikator bagaimana kendaraan yang semakin terhubung dapat dikompromikan dari jarak jauh.

BACA SELANJUTNYA

Pesan Taksi Online di Aplikasi, Kendaraan yang Datang Bikin Melongo: Orang Kaya Gabut?