Selasa, 31 Januari 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 30 September 2022 | 14:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebelum layanan internet mulai menjamur, sebagian dari kita sering memandangi daftar harga HP di majalah. Sebuah foto mengenai brosur HP jadul ini berhasil membuat netizen bernostalgia.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Arga Deny membagikan brosur terkait daftar harga ponsel lawas melalui forum Majelis Kaum Mendang Mending.

"Paling bahagia beli koran HP. Milih yang second-nya Rp 400 ribuan lihat spek sampai berjam-jam padahal nggak ada duit buat beli," tulis Arga Deny pada caption.

Kita bisa melihat sembilan HP dari jajaran Nokia N series yang dibanderol Rp 2 juta hingga Rp 4 jutaan. Nokia N73 dibanderol Rp 3,2 juta. Itu adalah salah satu HP flagship Nokia pada tahun 2006. Perangkat memiliki layar TFT 2,4 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel.

HP jadul itu menjalankan sistem operasi Symbian OS 9.1 dan mengemas CPU 220 MHz Dual ARM 9. Nokia N series pernah berjaya pada masanya. HP tersebut kebanyakan dimiliki oleh orang-orang kalangan menengah ke atas.

Netizen bernostalgia dengan brosur HP jadul ini. (Facebook/ Arga Deny via Majelis Kaum Mendang Mending)

Pemilik HP Nokia N-series dipandang cukup keren di tongkrongan pada era tahun 2000-an. Remaja generasi 90-an memiliki memori tersendiri dengan HP lawas itu.

Netizen generasi 90-an auto bernostalgia bahwa mereka pernah memandangi daftar harga HP flagship Nokia dan bermimpi untuk membelinya.

Dengan CPU kurang dari 1 GHz, HP lawas Nokia terhitung cukup canggih di masa itu. Deretan fitur yang ditawarkan termasuk browser yang mendukung WAP 2.0/xHTML, HTML, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF), kamera utama 3.15 MP, hingga kamera VGA di bagian depan.

Netizen bernostalgia dengan brosur HP jadul ini. (Facebook/ Arga Deny via Majelis Kaum Mendang Mending)

Dilihat dari situs Inflation Tool, harga Rp 3,2 juta di tahun 2006 setara dengan Rp 6,7 juta di tahun 2022. Brosur memperlihatkan Nokia N82 dengan harga termahal Rp 4,8 juta.

Itu sama seperti Rp 10 juta pada tahun 2022. Brosur daftar harga HP jadul Nokia itu mendapat beragam komentar dari netizen.

"Gue sering banget kayak gitu. Sering mengkhayal beli tapi nggak kesampaian," curhat S**ut*a.

Nokia N73. (Nokia Forum)

"Pernah jadi HP kalangan artis semua," tulis Ro**df**s.

"N73 berasa kamera digital," komentar Fa**al Ma**ana.

"Sekarang masih bang, gue lihatin spek HP sekarang tapi nggak ada duit," kata Mar** B**u. Itulah tadi brosur HP jadul Nokia N series yang bikin netizen bernostalgia, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Wajah Ferry Irawan di Foto Model Tampan Tahun 1990 Jadi Sorotan, Netizen: Paling Menakutkan