Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 27 Februari 2021 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Video viral di media sosial satu ini mencurit perhatian netizen yang baru tahu ada cara cuci piring unik dalam sebuah hajatan. Bukan air dengan sabun, namun terlihat menggunakan alat tak terduga.

Terlihat dalam video, beberapa pria sedang gotong royong cuci piring di sebuah hajatan dengan cara unik.

Sebagai informasi, sebuah hajatan di desa atau perkampungan umumnya mengandalkan gotong royong tetangga yang saling bantu. Ada yang bagian memasak, menerima tamu, menyiapkan peralatan dan kebersihan. 

Begitu pula dalam video viral di media sosial ini, terlihat bagaimana mereka bergotong royong dalam mencuci piring dan alat makan hajatan tersebut.

Akun TikTok @uci_ocim membuka rahasia ini. Seketika unggahannya menjadi viral di banyak media sosial. Dalam video yang diunggah terlihat, bagaimana sekelompok lelaki paruh baya sedang melakukan tugasnya mencuci piring di sebuah pesta.

Cuci Piring Pakai Serbuk Kayu di Hajatan. (TikTok/@uci_ocim)

Tapi, bukannya menggunakan air dan sabun layaknya mencuci piring pada umumnya, mereka justru menggunakan tumpukan serbuk kayu untuk mencuci piring-piring kotor tersebut.

Bapak-bapak berseragam batik tersebut, mencuci piring dengan cara yang tak biasa. Mereka memulai dengan membuang sisa makanan di piring ke dalam karung. Setelah itu, mereka mereka memasukkan piring dan sendok ke dalam gundukan serbuk kayu.

Selanjutnya adalah menggosoknya dengan serbuk kayu yang ada. Nah, langkah terakhir, mereka tinggal membersihkannya dengan serbet agar piring menjadi bersih dan kembali ditumpuk untuk dipakai kembali.

Video viral di media sosial itu pun mendapat sorotan dari netizen hingga dilihat lebih 9,8 juta kali. Tak sedikit yang kaget hingga penasaran dengan cara mencuci piring ala hajatan di kampung ini.

Bahkan, banyak netizen yang baru tahu jika tak hanya berwudu, ternyata piring juga bisa tayamum.

Kekompakkan bapak-bapak saat cuci piring. (Instagram/@nyinyir_update_official)

Berikut ini beberapa komentar netizen yang pada video viral cuci piring dengan serbuk kayu di sebuah hajatan.

"Apakah ini yang disebut life hack versi hajatan?" tulis @masakan.simple.

"Bagi yang belum tau, itu namanya papa lemon (produk pencuci piring bapak-bapak) jadi selain menghemat air juga bisa menghemat tenaga ibu-ibu. Sekian," kata @RamaR.

"Baru tahu, ternyata nyuci piring juga bisa tayamum," ungkap @amoooooy.

"Itu daerah mana ngab??!! Biar kalo ada kondangan daerah sana gw bawa piring sendiri dari rumah," kata @amatisback.

Itulah video viral di media sosial, cara cuci piring dengan serbuk kayu yang baru diketahui netizen. (Suara.com/ Dinda Rachmawati).

BACA SELANJUTNYA

Viral Finalis Miss Indonesia Bersyukur Jadi IRT, Alasannya Bikin Netizen Salut