Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 16 Januari 2022 | 17:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masa tua biasanya digunakan oleh sebagian orang untuk menghabiskan waktu bersama anak cucu mereka. Seorang kakek sepuh yang masih bekerja keras di usia senja ini membuat netizen sedih dan terenyuh.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @sdgrl05 membagikan video saat seorang penjual cilok asal Garut melayani pembelinya. "Bantu up guys, kasihan kakeknya (emoticon menangis)," tulis @sdgrl05.

Video tersebut sebenarnya merupakan postingan yang diunggah ulang dari akun @partners_in_goodness. Postingan yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 14 juta kali dan memperoleh 1,8 juta tanda suka.

Berdasarkan keterangan dari akun @partners_in_goodness dan @sdgrl05, sosok penjual cilok di dalam video merupakan Abah Taryo. Lansia berusia 73 tahun ini memulai berjualan cilok jam 5 pagi dan pulang di sore hari.

Netizen dibuat terenyuh setelah melihat tangan dan sebagian tubuh kakek yang gemetar saat berjualan cilok. Usia sepuh dan sakit yang dideritanya membuat Abah Taryo hanya berjualan dalam waktu tiga sampai empat hari, hanya ketika beliau sehat.

Perjuangan kakek yang berjualan cilok ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @sdgrl05)

"Cilok yang beliau jual adalah milik orang lain, di mana untung dari satu cilok yang hanya 200 rupiah saja (emoticon menangis). Dengan tubuh renta Abah Taryo biasa berkeliling kampung sambil memikul beratnya gerobak. Penghasilan beliau saat ini hanya berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu saja per harinya," tulis @sdgrl05 melalui keterangan di dalam video.

Pemilik akun @sdgrl05 turut menjelaskan bahwa Abah Taryo sering tak sarapan karena khawatir uang setoran tak cukup untuk diberikan.

"Dagangan beliau jarang sekali laku, dan sering tidak habis hingga abah harus membawa pulang kembali dagangannya. Saat berjualan tidak membawa hasil, abah harus rela berhutang demi bisa membeli beras dan lauk untuk makan. Setiap berangkat abah tidak pernah sarapan, bahkan hingga siang hari ketika lapar, beliau hanya makan cilok saja. Karena beliau khawatir jika uangnya dibelikan makan bakal tak cukup untuk setoran," kata @sdgrl05 menambahkan.

Perjuangan kakek yang berjualan cilok ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @sdgrl05)

Video viral mengenai kakek sepuh penjual cilok ini memancing beragam komentar dari netizen. Tak sedikit netizen yang berniat membantu hingga mendoakan kakek sepuh tersebut.

"Ya Tuhan, kasihan banget kakeknya. Kalau aku di Garut mau aku beli semua dagangannya," kata @an**i_*2.

Perjuangan kakek yang berjualan cilok ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @sdgrl05)

"Semoga abah sehat selalu, kuat, bahagia dunia dan akhirat (emoticon menangis)," doa @ad**_d**a.

"Panjang umur ya mbah, murah rezeki dan sehat selalu. Jadi pengen nangis, nenek saya saja 72 tahun harus dibantu buat berjalan. Ini abah malah keliling kampung (emoticon menangis)," komentar @e**_14. Video viral kakek sepuh penjual cilok yang membuat netizen terenyuh bisa dilihat melalui LINK INI. 

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen