Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 15 Desember 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fenomena Gerhana Matahari Cincin ini akan melewati beberapa wilayah di Indonesia pada 26 Desember 2019 mendatang. Informasi ini diumumkan oleh Badan  Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Jumat (13/12/2019) lalu. 

"Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilanka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik," tulis BMKG dalam akun Twitter resminya.

Lebih lanjut BMKG mengatakan bahwa hanya ada 25 kota dan kabupaten di 7 Provinsi di Indonesia yang akan bisa menikmati Gerhana Matahari Cincin 26 Desember.

Tujuh provinsi itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Sedangkan sisanya akan menikmati Gerhana Matahari Sebagian.

Berikut adalah daftar 25 kota/kabupaten yang menikmati Gerhana Matahari Cincin 26 Desember:

Aceh
Sinabang
Singkil

Sumatera Utara
Sibolga
Pandan
Tarutung
Padang Sidempuan
Sipirok
Gunung Tua
Sibuhuan

Riau
Pasir Pengaraian
Dumai
Bengkalis
Siak Sri Indrapura
Selat Panjang

Kepulauan Riau
Tanjung Pinang
Tanjung Balai Karimun
Batam
Bandar Seri Bentan

Kalimantan Barat
Mempawah
Singkawang
Sambas
Bengkayang
Putussibau

Kalimantan Timur
Tanjunredep

Kalimantan Utara
Tanjungselor

Kota atau kabupaten lain di Indonesia hanya akan bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian dan bukan Gerhana Matahari Cincin. Gerhana Matahari 26 Desember akan dimulai sekitar pukul 10.03.11,9 WIB di Sabang, Aceh dan berakhir pada sekitar pukul 14.37.10,4 WIT di Merauke, Papua.(Suara.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Penjelasan BMKG Soal Penyebab Gempa Mentawai