Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 07 Maret 2022 | 16:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul puluhan tahun lalu dapat memiliki nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah foto lawas mengenai dua relawan pejuang perempuan saat berada di Yogyakarta tahun 1947 ini menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan foto yang memperlihatkan dua orang bersenjata saat berjalan bersama temannya.

Fanspage tersebut sebenarnya mengunggah ulang arsip yang tersimpan di laman resmi Nationaal Archief Belanda.

"Twee jonge vrouwelijke Republikeinse vrijwilligers van Celebes, leden van de gewapende jeugd-organisatie "KRIS", op verlof in Djokjakarta. (Dua wanita muda relawan Republik dari Sulawesi, anggota organisasi KRIS, saat berada di Yogyakarta)," bunyi keterangan dari laman resmi Nationaal Archief Belanda.

Situs tersebut turut mencantumkan keterangan bahwa pemandangan ini direkam pada Desember 1947. KRIS memiliki kepanjangan sebagai Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi.

Foto jadul pejuang perempuan di tahun 1947. (Instagram/ @potolawasofficial)

Itu adalah organisasi para relawan pejuang dari Sulawesi yang mengangkat senjata dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kita bisa melihat dua relawan pejuang ini memiliki wajah yang masih sangat muda. Mereka nampak menenteng senjata meski berjalan di antara kerumunan warga sipil.

Tak sedikit netizen memuji gaya berpakaian dua relawan pejuang perempuan yang dianggap cukup modis. Gaya mereka bahkan tak kalah dibanding remaja zaman sekarang.

Foto jadul pejuang perempuan di tahun 1947. (Instagram/ @potolawasofficial)

Kancing baju yang sedikit terbuka hingga gaya berjalan yang cukup percaya diri membuat foto ini sangat menarik. Kita masih melihat beberapa orang yang memakai sarung dan jarit batik di sekitar perempuan itu. Foto jadul mengenai

penampakan dua relawan pejuang ini memperoleh lebih dari 4.300 tanda suka dan memancing beragam komentar dari netizen.

"Keren banget gayanya," puji @my**ac**isty.

"Cantik dan pemberani (emoticon cinta)," komentar @ab**zug**r_517.

Foto jadul pejuang perempuan di tahun 1947. (Instagram/ @mazzini_gsp)

"Modis ya pejuang muda zaman dulu," balas @ga**ry.m**ryam.

"Kirain yang tengah lagi main smartphone," tulis @ha**yad**gust.

"Dulu kalau lagi gabut mereka ngapain ya mainnya," kata @zu**akho**nah. Itulah tadi foto jadul dua pejuang perempuan muda di Yogyakarta pada tahun 1947, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini