Jum'at, 26 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 11 Mei 2021 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebagai bagian dari Bumi, Indonesia kerap kali menjadi pemandangan indah untuk para astronot yang bekerja di luar angkasa. Membuat takjub, deretan astronot ini memamerkan foto pulau di Indonesia saat difoto dari luar angkasa.

Beberapa foto wujud pulau di Indonesia saat difoto dari luar angkasa ini biasanya menjadi dokumentasi dan diunggah ke situs resmi NASA maupun European Space Agency atau ESA.

Sejumlah momen besar yang terjadi di Indonesia berhasil ditangkap oleh para astronot atau orang-orang yang bekerja di NASA maupun ESA. Sebut saja seperti tsunami di Aceh, letusan gunung hingga tragedi lumpur Lapindo di Sidoarjo.

Dirangkum oleh tim HiTekno, berikut 5 foto wujud pulau di Indonesia saat difoto dari luar angkasa. Mana yang paling membuatmu takjub?

1. Jika biasanya hanya dapat dilihat di peta, pada tahun 2015, NASA berhasil menangkap foto Pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumba yang berada dalam jajaran pulau di bagian bawah Indonesia.

Pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumba. (NASA)

2. Diambil pada tahun 2004 lalu, NASA berhasil mengabadikan kondisi Aceh usai diterpa tsunami pada tahun yang sama. Foto di sebelah kiri diambil dua minggu sebelum tsunami, sedangkan foto di sebelah kanan diambil tiga hari setelah tsunami terjadi.

Pulau Aceh pasca tsunami. (NASA)

3. Semburan lumpur panas Lapindo di Sidoarjo masih menjadi tragedi yang sulit ditangani hingga kini. Diambil pada tahun 2019 lalu, kira-kira begini wujud lokasi lumpur Lapindo yang berada di Sidoarjo ini.

Tragedi lumpur Lapindo di Sidoarjo. (NASA)

4. Pada tahun 2018 lalu, ESA berhasil mendapat foto Semarang dari luar angkasa. Dalam foto tersebut, nampak jelas bagian daerah Semarang yang kini menjadi kawasan industri.

Pulau Semarang. (ESA)

5. Foto awan di atas pulau Sulawesi yang diunggah NASA pada 2019 lalu sukses membuat dunia takjub. Diambil bertepatan dengan datangnya Matahari pagi, foto Sulawesi ini menjadi salah satu momen menakjubkan yang pernah ditangkap oleh NASA.

Pulau Sulawesi dari ISS. (instagram/nasaearth)

Itu tadi 5 foto pulau di Indonesia dari luar angkasa. Jika warga Bumi terbiasa menyaksikan pulau-pulau ini dari tempat berpijak, rasa berbeda justru dirasa saat melihat Bumi dari luar angkasa.

BACA SELANJUTNYA

Misi Penerbangan Luar Angkasa, Kru Polaris Dawn Gunakan Smartwatch Canggih Ini