Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 07 Februari 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Memang benar, Apple menjual iPhone sebagai smartphone premium dengan segala kemewahannya. Namun Apple juga menjual iPhone bekas alias refurbished.

Smartphone iPhone refurbished yang dimaksud adalah perangkat bekas atau yang baru namun telah diperbarui kembali karena ditemukan masalah sebelumnya.

Lalu berapa harga iPhone bekas alias refurbished yang ditawarkan oleh Apple? Pastinya tidak semahal iPhone baru yang benar-benar baru.

Sebagai contoh, iPhone X 64 GB yang di awal peluncurannya pada tahun 2017 lalu dibanderol mulai dari 999 dolar AS atau Rp 13 jutaan.

Tapi kini, Apple menjual produk refurbished dengan model yang sama senilai 769 dolar AS atau Rp 10,7 jutaan, sedangkan iPhone X 256 GB kini dijual seharga Rp 12,5 jutaan.

Apple jual smartphone refurbished. [Apple]

Sementara itu, dilansir dari Ubergizmo, Rabu (6/2/2019) bahwa pihak Apple mengklaim smartphone bekas miliknya telah lolos uji kelayakan dan dikemas ulang.

Untuk layanan purnajual, perusahaan asal California, Amerika Serikat itu memberikan garansi 1 tahun kepada para pelanggannya.

Apple juga menyebut bahwa suku cadang dan garansi resmi perusahaan merupakan dua benefit yang tidak dimiliki pihak non resmi yang menjual iPhone bekas.

Meski begitu, harga yang ditetapkan Apple untuk smartphone bekasnya itu tetap saja berada di atas pasaran smartphone premium berbasis Android saat ini.

Sedangkan dalam laman resminya, Apple juga menyediakan produk refurbished lainnya. Selain iPhone X, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini juga menjual iPhone 7 dan 7 Plus yang sudah di daur ulang.

Untuk sementara ini, produk iPhone bekas atau refurbished tersebut hanya tersedia di wilayah Amerika Serikat saja. (Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset