Rabu, 01 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 06 Oktober 2022 | 20:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pasar konsol game tidak memiliki pesaing sebanyak pasar smartphone, dengan Nintendo, Microsoft, dan Sony menjadi pemain besar yang mendominasi segmen tersebut.

Dan sekarang, sebuah laporan baru menunjukkan bahwa Switch sejauh ini merupakan salah satu konsol paling populer di pasar Jepang.

Dilansir dari Gizmochina, perusahaan game dan pembuat konsol Jepang itu menjual 495.000 unit model Switch-nya yang cukup besar di Jepang selama bulan September 2022.

Ini menandai kenaikan 131 persen yang signifikan dari tahun ke tahun. Selain itu, ini juga menandai bulan ketiga berturut-turut Nintendo menjual lebih dari 300.000 unit konsol Switch-nya dan menandai bulan ke-55 berturut-turut mendominasi konsol game Jepang.

Untuk menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif, model seri Sony PlayStation 5 melihat penurunan penjualan 17 persen selama periode yang sama.

Ilustrasi Nintendo Switch. (Pixabay/ joatseu)

Perusahaan hanya berhasil melihat penjualan senilai 64.000 unit, dan tampaknya, bahwa penjualan PS5 mungkin terpengaruh oleh kenaikan harga baru-baru ini.

Di Jepang, Sony telah menaikkan harga PS5-nya, dengan versi drive optik sekarang seharga 60.478 Yen sementara versi digitalnya memiliki label harga 49.478 Yen.

Di sisi lain, baik Nintendo maupun Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menaikkan harga konsol masing-masing.

Menariknya, penjualan Switch pada kuartal III-2 tahun ini naik 36 persen year on year. Sementara itu, Xbox Series X dan Series X juga telah melihat peningkatan besar-besaran 167 persen dalam penjualan dari tahun ke tahun dan bahkan PS5 mengalami kenaikan keseluruhan 18 persen dari tahun ke tahun pada kuartal ketiga.

BACA SELANJUTNYA

Badai Belum Usai, Kini Giliran Spotify yang PHK Karyawan