Sabtu, 04 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Steam telah mengumumkan perubahan regional pricing atau rekomendasi harga untuk masing-masing regional. Yang dampaknya bisa saja membuat harga game Steam di Indonesia naik.

Selama ini Steam menjadi distribusi game PC secara digital terbesar. Tidak hanya itu kemudahan dan harga game PC yang terjangkau menjadikan Steam makin populer.

Terlebih regional pricing yang dikeluarkan Steam, membuat beberapa regional termasuk Indonesia mendapatkan harga game PC lebih mudah.

Namun hal ini akan berubah, di mana regional pricing yang baru membuat posisi Indonesia akan mendapatkan rekomendasi harga game Steam yang berbeda.

Dikutip tim HiTekno.com dari SteamDB, Steam telah mengenalkan rekomendasi harga atau regional pricing untuk masing-masing regional atau negara.

Disebutkan ada perubahan harga game Steam di Indonesia akan mendapatkan kenaikan mulai dari 11 persen hingga 80 persen. Tergantung tingkatan harga game PC tersebut.

Contohnya, untuk game PC dengan harga 0,99 dolar AS awalnya Steam merekomendasikan dengan harga Rp 8.499,- namun kini naik menjadi Rp 9.699,-

Sedangkan untuk game 29,99 dolar AS yang awalnya direkomendasikan dengan harga Rp 139.999,- nantinya berubah menjadi Rp 245.999,-.

Dengan kata lain harga game PC di Steam untuk regional Indonesia akan mengalami kenaikan. Yakni setelah para publisher memperbarui harga game mereka.

Perubahan regional pricing, harga game Steam di Indonesia naik. (SteamDB)

Apa Itu Regional Pricing?

Regional pricing adalah rekomendasi harga yang diberikan oleh Steam sebagai acuan kepada para publisher game PC dalam memasarkan game mereka.

Harga game Steam di masing-masing regional berbeda-beda berdasarkan rekomendasi tersebut. Hal ini berdasarkan analisis pasar yang dilakukan perusahaan tersebut.

Dampaknya negara-negara yang dianggap punya ekonomi kuat mendapatkan harga game PC lebih tinggi dibandingkan negara berkembang seperti rekomendasi Steam.

Kapan Regional Pricing Baru Diterapkan?

Steam baru saja mengumumkan perubahan rekomendasi harga game PC ini. Karenanya tidak langsung diimplementasikan dalam penjualan game PC di platform tersebut.

Menurut SteamDB, setidaknya perubahan harga game PC di Steam ini akan membutuhkan waktu paling cepat sampai 28 hari mendatang.

Itu pun menunggu perubahan yang dilakukan oleh para publisher game PC di Steam terkait strategi dan rencana mereka kedepannya.

Perubahan regional pricing, harga game Steam di Indonesia naik. (SteamDB)

Harga Game Steam di Indonesia Naik?

Tentunya, harga game Steam di Indonesia mayoritas akan naik ketika para publisher game PC sudah mengikuti angka-angka yang direkomendasikan.

Kenaikan harga juga terjadi di negara lain tidak hanya Indonesia, bahkan untuk Turki mengalami sampai lebih dari 400 persen.

Sedangkan Indonesia rata-rata kenaikan rekomendasi harganya masih di bawah 80 persen.

Karena itu, nantinya jangan sampai kaget tahun ada kenaikan harga game PC di Steam jika mengikuti rekomendasi untuk regional Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Pemilik Tesla Bisa Mainkan Game Steam di Mobil, Elon Musk Pamer Video Promosi Ini