Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 26 Juli 2021 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek) resmi mengumumkan investasi sebesar 375 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 5,4 triliun di PT. Grab Teknologi Indonesia.

Investasi Emtek kepada Grab Indonesia ini dilakukan untuk menjalin sinergi antara kedua perusahaan mendatang.

"Investasi ini dilakukan tidak hanya memadukan bisnis yang ada, tapi juga menjalin sinergi antara kedua perusahaan," kata Managing Director Emtek Sutanto Hartono dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021).

Adapun langkah awal dari kolaborasi Emtek dan Grab Indonesia adalah pelaksanaan Festival Kota Mapan. Program ini akan digelar di Solo pada September mendatang.

Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono menyampaikan, poin dari penyelenggaraan Festival Kota Mapan adalah agar fokus dalam launching kolaborasi yang melibatkan berbagai sektor, mulai dari elemen pemerintahan hingga partisipasi pelaku UMKM.

Ilustrasi aplikasi Grab. (Grab)

Ia menyebutkan, kolaborasi ini ditujukan untuk menjaring sebanyak mungkin UMKM agar berpartisipasi pada ekonomi digital. Disebutkan bahwa mereka menargetkan 1.000 UMKM yang ada di Solo.

"Dengan menggabungkan kekuatan bersama Grab. Kami akan memberikan pengetahuan know how agar pelaku UMKM melek digital. EMTEK juga akan memanfaatkan platform yang kami miliki, seperti TV, untuk menjangkau masyarakat berpartisipasi secara optimal," paparnya.

Prioritas utama dari kolaborasi Grab dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia. Disebutkan bahwa 99 persen dari semua bisnis tanah air adalah bisnis UMKM, namun hanya 21 persen yang memiliki akses digital.

Nantinya, Festival Kota Mapan fokus pada program dukungan terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas melalui program pelatihan yang dikurasi dan intensif, serta solusi teknologi yang dikostumisasi, didukung oleh Bukalapak, GrabFood, GrabKios, dan GrabMart.

Itulah investasi Emtek kepada Grab Indonesia sebesar Rp 5,4 triliun. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Ribuan Driver Grab dan Keluarga Nonton Bareng Film Srimulat: Hidup Memang Komedi