Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 02 Maret 2021 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hotel yang nantinya akan mengorbit di luar angkasa untuk pertama kalinya di dunia di orbit rendah Bumi akan mulai dibangun pada 2025. 

Dilansir laman Dailymail, Selasa (2/3/2021), hotel itu akan dilengkapi dengan restoran, bioskop, spa, dan kamar untuk 400 orang.

Dikembangkan oleh Orbital Assembly Corporation (OAC), Stasiun Voyager dapat beroperasi pada awal 2027, dengan infrastruktur yang dibangun di orbit sekitar Bumi.

Stasiun luar angkasa akan menjadi lingkaran besar dan berputar untuk menghasilkan gravitasi buatan, yang akan diatur pada tingkat yang sama dengan gravitasi ditemukan di permukaan Bulan.

Hotel Voyager Station akan mencakup banyak fitur yang Anda harapkan dari kapal pesiar, termasuk restoran bertema, spa kesehatan, dan bioskop.

Tidak ada rincian biaya pembangunan stasiun luar angkasa atau biaya bermalam di hotel luar angkasa, meskipun OAC mengatakan biaya pembangunan semakin murah berkat kendaraan peluncuran yang dapat digunakan kembali, seperti SpaceX Falcon 9 dan Starship masa depan.

Hotel luar angkasa. [Voyager Station]

Stasiun ruang angkasa Voyager Class akan terdiri dari serangkaian cincin, dengan sejumlah 'modul' yang terpasang di bagian terluar cincin.

Beberapa dari 24 modul ini akan dijalankan oleh Gateway Foundation dan akan digunakan untuk hal-hal seperti tempat tinggal kru, udara, air, dan listrik.

Fasilitas tersebut juga akan mencakup gym, dapur, restoran, bar, dan fasilitas penting lainnya untuk orang-orang karena berada di stasiun dalam jangka waktu yang lebih lama.

Modul lainnya akan disewakan atau dijual kepada perusahaan swasta dan pemerintah. Misalnya, orang dapat membeli salah satu modul berukuran 20x12 meter untuk vila pribadi atau beberapa modul untuk membuat hotel dengan spa, bioskop, dan lainnya.

Instansi pemerintah dapat menggunakan stasiun tersebut untuk menampung modul sains mereka sendiri atau sebagai pusat pelatihan bagi astronot yang bersiap untuk pergi ke Mars.

Gagasan tentang stasiun luar angkasa yang mengorbit dibangun di sekitar pusat, roda melingkar kembali ke hari-hari awal perjalanan luar angkasa, dalam sebuah gagasan oleh Wernher von Braun.

Dia adalah salah satu arsitek program Apollo NASA dan pada 1950-an mengusulkan habitat berbentuk roda yang berputar untuk menciptakan gravitasi buatan.

Konsep stasiun Voyager, yang merupakan ide serupa tetapi dalam skala yang jauh lebih besar, pertama kali muncul pada tahun 2012 dengan peluncuran Gateway Foundation.

OAC, firma yang didirikan oleh yayasan untuk mewujudkan visi stasiun orbit, didirikan pada 2018 dengan tujuan beroperasi pada 2027.

Jika disadari sepenuhnya, itu akan menjadi benda ciptaan manusia terbesar yang pernah ada di luar angkasa.

Hotel luar angkasa. [Voyager Station]

Sementara biaya pengembangan dan pembangunan stasiun luar angkasa belum diungkapkan, dengan peluncuran SpaceX Falcon 9 dan di masa depan SpaceX Starship, telah menjadi lebih layak untuk menempatkan benda-benda besar ke orbit.

Biaya rata-rata untuk meluncurkan material ke luar angkasa adalah sekitar 8.000 dolar AS per kg untuk waktu yang lama, tetapi sifat Falcon 9 yang dapat digunakan kembali membuatnya turun menjadi 2.000 dolar AS / kg dan SpaceX memperkirakan Starship akan membawanya ke beberapa ratus dolar.

Kapal luar angkasa dan pesawat ruang angkasa lain yang dapat digunakan kembali sepenuhnyam akan membuat stasiun itu layak karena memungkinkan koneksi reguler dan cepat antara Bumi dan Voyager.

Tim tersebut termasuk veteran NASA, pilot, insinyur dan arsitek, membangun sistem yang mencakup banyak polong untuk tujuan yang berbeda dan 'kereta luar angkasa' berkecepatan tinggi.

Masing-masing dari 24 modul hunian terpadu ini akan memiliki panjang 20 meter kali lebar 12 meter dan akan menjalankan fungsi berbeda.

Pertama, tim berencana untuk menguji konsep tersebut dengan stasiun prototipe skala yang jauh lebih kecil dan fasilitas gayaberat mikro terbang bebas yang mirip dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Hotel luar angkasa. [Voyager Station]

"Ini akan menjadi revolusi industri berikutnya," jelas John Blincow, pendiri Gateway Foundation, menambahkan itu akan menciptakan industri luar angkasa baru. (Suara.com/Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

NASA Sukses Hantam Asteroid Pakai Pesawat Luar Angkasa, Misi Pertahanan Bumi Perdana Lancar