Sabtu, 04 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 26 November 2022 | 18:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Analis Wedbush Dan Ives mengatakan bahwa ada kekurangan stok seri iPhone 14 yang parah saat musim belanja liburan, Black Friday.

Menurut CBS News seperti dilansir dari Phone Arena, dalam sebuah catatan yang dikirim ke pelanggan Wedbush hari ini, Ives mengatakan, "Kami percaya permintaan untuk unit iPhone 14 ke dalam akhir pekan liburan Black Friday yang sangat penting jauh di depan pasokan dan dapat menyebabkan kekurangan besar yang mengarah ke (musim) Natal."

CBS News menyalahkan kekurangan pada kebangkitan COVID di China yang telah membuat para pejabat China memerintahkan tindakan keras di daerah-daerah tertentu termasuk Zhengzhou.

Padahal di situlah fasilitas manufaktur iPhone terbesar Foxconn berada. Pada Jumat, China daratan melaporkan rekor jumlah infeksi COVID untuk hari kedua berturut-turut.

Kamera iPhone 14 Pro series. (Apple)

Foxconn menetapkan beberapa pembatasan dalam upaya untuk mencegah penyebaran COVID seperti mengharuskan semua makanan dikonsumsi di dalam asrama pekerja alih-alih ruang makan.

Beberapa pekerja tidak senang dengan tindakan keras COVID dan melarikan diri dari kampus pabrik meninggalkan Foxconn dengan kekurangan pekerja selama waktu tersibuk tahun ini.

Kebutuhan akan karyawan yang cukup untuk mengelola jalur perakitan iPhone sebelum Natal, Foxconn menawarkan bonus pekerja baru untuk mendaftar dan China bahkan meminta veteran militer dan anggota partai Komunis untuk merekrut personel untuk Foxconn. Tapi kemudian, setelah kekerasan pecah di fasilitas Zhengzhou pada Selasa malam, perusahaan membayar 20.000 karyawan untuk berhenti dan pulang.

Pekerja Foxconn dikeroyok oleh penjaga keamanan karena karyawan khawatir tertular COVID dari pekerja yang lebih lama. 

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Erajaya)

Mereka juga mengklaim bahwa paket pembayaran yang dijanjikan kepada mereka diubah pada menit terakhir. Foxconn meminta maaf atas insiden tersebut dan menyalahkan masalah teknis atas campur aduk atas gaji.

Ives menulis dalam catatannya, "Penutupan China nol-COVID di Foxconn telah menjadi pukulan besar bagi Apple kuartal ini dan kami percaya telah mengambil sekitar 5% dari unit iPhone 14 dari rantai pasokan dan dengan demikian menempatkan Cupertino dalam 'kekurangan besar' menuju bulan depan."

Analis memperkirakan Apple akan menjual 20% lebih sedikit unit iPhone selama akhir pekan Black Friday. Alih-alih 10 juta handset yang dijualnya selama akhir pekan Black Friday tahun lalu, Ives mengatakan tahun ini Apple akan menjual 8 juta sebagai gantinya.

Analis juga menulis, "Jika Zhengzhou tetap pada kapasitas yang lebih rendah beberapa minggu ke depan dan terus melihat kerusuhan yang dibangun dengan pekerja, ini akan menyebabkan kekurangan iPhone Pro besar yang jelas ke dalam periode waktu Natal yang sangat penting, terutama di AS."

Pabrik di Zhenzhou dilaporkan bertanggung jawab atas lebih dari 50% produksi iPhone global. Foxconn juga merupakan pemasok iPhone terpenting Apple karena diharapkan dapat memproduksi 70% dari semua unit iPhone yang dirakit tahun ini.

BACA SELANJUTNYA

Susul Belanda dan Jepang, India Ikut Kubu AS dalam Perang Teknologi Lawan China