Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 23 Maret 2021 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tencent makin menguatkan posisinya di industri game, tidak hanya dari sisi layanan dan software. Namun paling baru diketahui telah menyiapkan konsol game handheld yang berbentuk mirip Nintendo Switch.

Kabar ini disampaikan oleh Daniel Ahmad, analis industri game dari Niko Partners melalui akun Twitter @ZhugeEX miliknya. Ia memperlihatkan seperti apa wujud dari produk yang diduga konsol game handheld dari Tencent ini.

Dilaporkan pula kalau raksasa teknologi dari China ini telah mendaftarkan paten untuk produk tersebut. Bahkan sudah diajukan sejak Oktober 2020 silam ke lembaga paten.

Menariknya, terungkap beberapa informasi menarik dari bocan paten ini. Yakni disebutkan sebagai "PC Video Game Console", yang diduga menjadi PC gaming portable.

Bahkan Daniel Ahmad menduga kalau konsol game handheld Tencent ini menjalankan Windows sebagai sistem operasi, juga memainkan game PC seperti pada umumnya.

Gambar paten konsol game handheld Tencent. (Twitter/ ZhugeEX)

Namun secara penampakan fisik, produk yang diajukan patennya ini memiliki bentuk dan susunan tombol mirip dengan konsol game Nintendo Switch. Hanya kontrolernya menyatu, bukan seperti JoyCon.

Daniel Ahmad menambahkan kalau ada kemungkinan bisa menjalankan Android selain Windows. Seperti beberapa produk serupa yang rilis, contohnya dari GPD yang pernah membuat handheld gaming.

Mirip pula dengan Aya Neo, konsol handheld yang diluncurkan melalui IndieGogo. Perangkat yang memakai spesifikasi ala PC gaming namun berwujud handheld seperti Nintendo Switch.

Sayangnya belum ada konfirmasi apakah Tencent segera meluncurkan produk ini. Karena masih sekadar konsep yang didaftarkan patennya. Belum tentu diwujudkan ke pasaran.

Gambar paten konsol game handheld Tencent. (Twitter/ ZhugeEX)

Tencent sendiri belakangan berusaha menguatkan posisinya di industri game. Terutama di pasar mobile yang dianggap sukses dengan Honor of Kings atau AOV, PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile.

Selain itu, perusahaan asal China ini juga kerap mengadakan kolaborasi dengan sejumlah produsen smartphone gaming seperti Asus, Red Magic, dan Black Shark.

Kita nantikan saja apakah benar Tencent akan meluncurkan konsol game handheld seperti bocoran di atas? Kenapa juga layout tombolnya mirip dengan Nintendo Switch?

BACA SELANJUTNYA

LEGO 2K Drive Akhirnya Rilis Global, Tersedia di Berbagai Platform