Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 19 September 2019 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang pemuda difabel di Vietnam bekerja demi mendapatkan komisi membantu klien melakukan transaksi online dengan menggunakan hidungnya.

Pemuda bernama Pan Zhi Qiang ini hanya bisa menggerakan kepalanya sejak lahir. Ia lantas belajar menggunakan hidungnya untuk menyentuh layar smartphone beberapa tahun lalu.

Sejak itu ia menerima pesanan klien dari WeChat untuk membantu klien melakukan transaksi online.

Dilansir dari laman AsiaOne, ibu Pan, Wu Gui Zhi, mengatakan hingga hari ini Pan dapat menangani dirinya sendiri karena kedua tanganya tidak memiliki kekuatan.

Ia dapat mengumpulkan komisi untuk menyelesaikan layanan online untuk klien, namun, dia tidak mengeluh akan hal itu.

Ilustrasi Belanja Online. (Pakutaso)

Ibunya juga berkata bahwa Pan sangat cerdas, ia berhasil menyelesaikan studinya di Eden Handicapped Service Center, ia bisa berbahasa Inggris, Melayu dan sangat ahli di bidang komputer.

Tak hanya itu, Pan yang tertarik di dunia teknologi informasi, pernah mewakili Malaysia untuk memenangkan medali perunggu di Boccia selama ASEAN Para Games 2017.

Sejak menggunakan smartphone enam tahun lalu, ia kini sudah kian cepat mempelajari semua jenis aplikasi.

Ponsel pertama yang dimiliki Pan adalah Nokia, kemudian dia tertarik menggunakan kakinya untuk bermain game. Setelah dia memiliki smartphone pertamanya, ia berpikir untuk membantu orang lain melakukan pembayaran online.

Kemudian dia mencari bantuan dari orang lain untuk mengajarinya dan dia belajar dengan sangat cepat.

Usaha Pan bekerja dengan menggunakan hidungnya untuk mengakses smartphone membuat ibu Pan tidak pernah menyerah padanya.

BACA SELANJUTNYA

HMD Global Luncurkan Nokia G42 5G, Smartphone 5G yang Dapat Diperbaiki oleh Pengguna