Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 24 Februari 2021 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seseorang memiliki cara dan perjuangannya sendiri dalam meraih cita-citanya. Postingan seorang cowok yang mengisahkan perjuangan hingga akhirnya menjadi dokter ini sukses bikin netizen salut.

Pengguna TikTok bernama Ikramsyah Maulana (@dr.ikramsyah_maulana) membagikan video mengenai perjuangannya dari sekolah hingga akhirnya menjadi seorang dokter.

Pemilik akun @dr.ikramsyah_maulana itu memang sering membagikan banyak tips kesehatan sehingga memiliki ratusan ribu follower. "Pengen nangis waktu edit video ini," tulis Ikramsyah Maulana.

Ia mengaku bahwa dirinya berasal dari keluarga broken home. Sewaktu remaja, ia bercita-cita menjadi seorang dokter meski kondisi keluarganya sangat sederhana.

Tak disangka, ia mendapatkan beasiswa Bidikmisi ketika menginjak perguruan tinggi sehingga selama kuliah tidak pernah membayar.

Perjuangan cowok ini untuk menjadi dokter bikin netizen salut. (TikTok/ @dr.ikramsyah_maulana)

Beasiswa Bidikmisi sendiri merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan kepada calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik.

Perjuangan cowok ini untuk menjadi dokter bikin netizen salut. (TikTok/ @dr.ikramsyah_maulana)

"Hai, saya anak yang terlahir dari keluarga sederhana. Dari keluarga broken home yang mempunyai cita-cita seorang dokter. Alhamdulillah masuk fakultas kedokteran Universitas Pattimura. Selama kuliah mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Selama kuliah tidak pernah membayar uang kuliah. Empat tahun akhirnya bisa menyandang gelar sarjana kedokteran. Setelah itu lanjut coass selama 2 tahun. Selama 2 tahun alhamdulillah dibantu dengan beasiswa daerah asal Malteng, Alhamdulillah bisa lulus dengan predikat cumlaude," tulis Ikramsyah Maulana pada deskripsi di videonya.

Akhirnya ia juga lulus kompetensi ujian dokter umum Indonesia tahun 2020 lalu. Tak lupa ia menyampaikan rasa syukur serta terima kasih kepada Tuhan, keluarga dan teman-temannya sehingga dirinya bisa meraih cita-citanya.

Perjuangan cowok ini untuk menjadi dokter bikin netizen salut. (TikTok/ @dr.ikramsyah_maulana)

"Bahagia terharu bisa sampai tahap menyandang gelar dokter. Terima kasih buat Allah SWT, keluarga dan teman-teman yang sudah membantu sampai tahap ini," tulis Ikramsyah Maulana di akhir video.

Postingan yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton 4 juta kali dan memperoleh 650 ribu Like. Banyak netizen yang merasa salut atas perjuangan cowok tersebut hingga akhirnya menjadi dokter.

Perjuangan cowok ini untuk menjadi dokter bikin netizen salut. (TikTok/ @dr.ikramsyah_maulana)

"Dia yang jalanin, gue yang bangga banget (emoticon menangis)," komentar @danaadaaanaaa.

"Emang bener ya, nggak ada yang nggak mungkin di dunia selagi mau berusaha, berdoa. Proud of you kak," tulis @YogaFebrian.

"Ya Allah sampai merinding sama perjuangannya," pendapat husnaa_0818.

Itulah tadi video viral mengenai perjuangan cowok dari keluarga sangat sederhana, untuk mengunjungi postingan asli, kalian bisa klik link ini. 

BACA SELANJUTNYA

Tak Mau Putar Balik Karena Jalan Dicor, Pria Ini Malah Pilih Pikul Motor